HABA SIKULA

Senin, 20 Februari 2023

(PROGRAM P5) Payong Kuneng-Payong Hitam Projek Khanduri Hudep-Khanduri Matee

Blang Bintang- Program P5 kian digenjot dalam pelaksanaan belajar mengajar di SMP Negeri 2 Ingin Jaya, pada program sebelumnya bercocok tanam dengan menanam terong, tomat dan selidri, namun program kali ini membuat projek dengan kearifan lokal yaitu pembuatan payung pengantin (Payong Kuneng) oleh siswa kelas VII dibawah bimbingan Mursyidah S.Pd dan Marhamiyati S.Ag. Senin (20/2).

Tematik kearifan lokal menjadi landasan pembuatan payung ini untuk pengenalan salah satu budaya Aceh ketika melakukan pesta perkawinan baik Tueng Dara Baro atau Preh Linto Baro, dalam adat Aceh payong kuneng bermakna payung Raja karena warna kuning menjadi simbol Sultan dan Sulthanah Aceh hal ini juga kerap kita sebut bahwasanya pengantin adalah Raja dan Ratu sehari.


Proses pembuatan motif Payong Kuneng

Dalam pembuatan payung ini para siswa memuat motif bungong jeumpa, Bungong mawo, bungong kupula dan pinto Aceh, total payong kuneng sebanyak empat payung. 

Masih dalam pembuatan payung, selain payung kuneng ada juga payung hitam untuk acara kematian nantinya akan di pakai pada pengantaran jenazah ke liang lahat, payung hitam ini dibuat dengan motif arab dengan tulisan Innalillahi wa Inna Ilaihi Rajiun, dan Lailahaillah Muhammadurasulullah. yang keduanya memiliki makna secara implisit bahwasanya suatu saat kita akan kembali kepada-Nya dan tiada pegangangan dalam kehidupan selain kepada Allah dan Rasulnya.

Pengerjaan Projek ini dilakukan setiap sabtu pagi sebelum kegiatan pramuka, dan di jam pelajaran yang menangani projek nantinya, projek ini diperkirakan akan siap sebelum bulan Ramadhan tiba di Maret nanti.

Selamat berkreasi guru dan murid hebat!



Qasimil Junaidi

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 SMPN 2 INGIN JAYA. Designed by OddThemes